TERLENGKAP"PENGERTIAN LOGIKA INFORMATIKA & SEJARAH LOGIKA INFORMATIKA".


Logika Informatika
di bawakan oleh ; harisman

  • Tujuan Pembelajaran
        Memahami peran logika dibidang ilmu informatika, yaitu mengetahui dan menerapkan aturan-aturan logika untuk membuktikan validitas suatu argumen atau pernyataan dalam pembuatan konsep dan penulisan program komputer. 
  •  Apa itu Logika???

1. Dari bahasa Yunani logos, yang berarti kata, ucapan, atau alasan.

2.—Dalam bahasa Inggris berartiword”, “speech”, atauwhat is spokenlebih dekat lagi dengan istilahreason”.

3.—Logika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari atau berkaitan dengan prinsip-prinsip dari penalaran argumen yang valid.

4.Penalaran adalah : Cara berfikir dengan mengembangkan sesuatu berdasarkan akal, dan bukan dengan perasaan atau pengalaman.
  Penalaran didasarkan pada hubungan antara pernyataan (statements). 

 SEJARAH LOGIKA

  • logika pertama kali dikemukakan pertama kali oleh ilmuan yunani ,THALES (640-546 sm) logika induktif.
  • Aristoteles (384 – 332 SM) mengenalkan logika sebagai ilmu, yaitu merumuskan logika dengan cara menuliskan argumen/pendapat yang akan bisa dibuktikan kebenarannya yang disebut dengan Silogisme. 
  • Istilah logika diperkenalkan oleh Zeno (334 –226 SM).
  • Augustus De Morgan (1806-1871), Induksi Matematika, Hukum Ekuivalensi Logika De  Morgan.
  • George Boole(1815-1871), Aljabar Boole.
  • Giuseppe Peano (1858-1932), Penemu istilah logika matematika dan teori himpunan.
  • Emil L Post(1897-1954), Tabel Kebenaran.
  • Ludwig JJ Wittgenstein(1889-1951), Tabel Kebenaran.
  • John Venn(1834-1923), Diagram Venn
  • Henry M Sheffer(1882-1964), NAND, NOR.

LOGIKA INFORMATIKA 

  •   Logika -> matematika -> rasional 
  • Informatika yaitu ilmu yang mempelajari cara penyajian informasi berdasarkan data yang ada dan dikelola dengan menggunakan mesin berbasis komputasi. 
  • Logika Informatika adalah ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi dengan penalaran sehingga didapat suatu kesimpulan. 
  •  Arsitektur komputer terdiri dari rangkaian 0 (False) dan 1 (True) yang dikombinasikan dengan sejumlah gerbang logika AND. OR, NOT, XOR, dan NAND
  • Logika adalah jantung dari algoritma dan pemrograman 
  • Komponen program IF…THEN…ELSE, FOR…TO…DO, WHILE, CASE…OF yang memberikan solusi terhadap permasalahan.
    ¨Contoh:
      if x mod 2 = 0 then
         x:=x + 1
         else x:=x – 1

    MACAM LOGIKA
    1.   Secara umum dibedakan menjadi dua:
    •   Logika Pasti :
    •   Logika Pernyataan (Propotitional Logic), membicarakan tentang pernyataan tunggal dan kata hubungnya sehingga didapat kalimat majemuk yang berupa kalimat deklaratif.
    • Logika Predikat (Predicate Logic), menelaah variabel dalam suatu kalimat, kuantifikasi dan validitas sebuah argumen
    • Logika Hubungan (Relation Logic), mempelajari hubungan antara pernyataan, relasi simetri, refleksif, antisimtris, dll 
    • Logika Himpunan, membicarakan tentang unsur-unsur himpunan dan hukum-hukum yang berlaku di dalamnya.
    • Logika Tidak Pasti -> Logika Samar atau  kabur (Fuzzy Logic), pertengahan dari dua nilai biner yaitu ya-tidak, nol-satu, benar-salah. Logika samar banyak diterapkan dalam kecerdasan buatan, mesin pintar atau sistem cerdas dan alat-alat elektronika
    ISTILAH ISTILAH

    • Argumen : suatu usaha untuk mencari kebenaran dari suatu pernyataan berupa kesimpulan dengan berdasarkan pada kebenaran dari satu kumpulan pernyataan yang disebut premis-premis
    • Premis : pernyataan 
    • Konklusi : kesimpulan

    . TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI SITUS KAMI.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH : PENGERTIAN , PERBEDAAN DAN SEJARANG SINYAL ANALOG DAN DIGITAL

MAKALAH KEIMANAN DAN KETAKWAAN